Materi kuliah Manajemen Pemasaran MB IPB :)

Posting dulu ah materi kuliah manajemen pemasaran tiga minggu yang lalu, 7 Februari 2014 oleh pak Ujang Sumarwan 

1. Bagaimana memahami perencanaan strategis?

2. Langkah-langkah menyusun strategic marketing?

Strategis planning Top Management dilihat dari SDM, kompetensi dan peluang pasar yang dihadapi

Langkah-langkah dari Strategic Planning :

  1. Bussiness mission
  2. SWOT Analysis
  3. Organiizational goals
  4. Bussiness Portofolio
  5. Growth Strategies

Strategic Planing ada 3 :

  1. Strategic Marketing Plan
  2. Tactical Marketing Plan
  3. Marketing Plan

Sebuah corporate merencanakan empat kegiatan utama :

  1. Deskripsikan corporate mission
  2. Establish SBU
  3. Menugaskan resources setiap SBU
  4. Rencana bisnis baru, downsizing atau berhentikan perusahaan

Definisi misi perusahaan

Ruang lingkup persaingan perusahaan

  1. Ruang lingkup produksi/produk
  2. Ruang lingkup industry
  3. Ruang lingkup konpetensi
  4. Ruang lingkup market segments
  5. Ruang lingkup vertical
  6. Ruang lingkup geografis

Definisi visi perusahaan

               Keseluruhan tujuan perusahaan

  1. Dalam bisnis apa bergerak?
  2. Pelanggan yang dilayani siapa?
  3. Capabilitas perusahaan?
  4. Produk apa untuk pelanggan

Analisis SWOT Perusahaan

Image

 

Analisis SWOT untuk mengevaluasi lingkungan eksternal dan internal

Evaluasi kekuatan dan kelemahan itu internal perusahaan, kalau evaluasi ancaman, peluang (pelanggan, pesaing, ekonomi dunia) itu eksternal perusahaan

Perusahaan membentuk strategi bisnis unit (SBU)

Perusahaan mendefinisikan bisnisnya yaitu product oriented dan market oriented

3 kriteria SBU :

  1. a.      Single Bussiness / koleksi yang terkait yang dapat direncanakan terpisah
  2. b.      Mempunyai competitor sendiri
  3. c.      Mempunyai manager yang bertanggung jawab untuk strategic planning and profit

Matrix Pertumbuhan

2 Kriteria :

  1. Berapa pangsa pasar perusahaan/SBU tersebut dibanding pesaing utama (relative market share)
  2. Meletakan informasi pertumbuhan industry  (Market Growth Rate)

Image

 

 

Strategic planning gap

Image

 

Three Intensive Growth Strategies

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s