2013 [ Part 2]

Ah….Rumah Merah Putih!

Memikirkan membuat nama rumah merah putih aja sudah hampir hopeless. MCDonals menjadi tempat menyenangkan untuk merencanakan segalanya bareng indah,  my passionmate.

Mungkin alasannya memilih tempat itu hampir sama dengan iklan 3 yang gini nih :

“kalau weekend sarapan di cafe sambil sibuk laptopan, pesen kopi secangkir minumnya pelan-pelan biar tahan sampe siang demi wifi gratis”

hahaha

Konsep, timeline, action!

Saking penasarannya dengan kondisi anak jalanan, hal yang biasa aku lakukan adalah sekedar nongkrong, jalan-jalan di pasar atau terminal. Bahkan, terlintas untuk sekedar naek angkot atau KRL tanpa tempat tujuan, hanya mengamati anak jalanan yang naek angkutan tersebut dan mengamati apa yang mereka lakukan.

Malam minggu pertama bareng anak-anak jalanan di terminal Bogor.  Action ter-nekat yang pernah kami lakuin

 Damn! Pertama kalinya lihat anak-anak remaja mabok, minum2an keras, dan saling bercanda tanpa tahu lagi mana kaum adam dan mana kaum hawa.

Semua anak-anak itu memperhatikan langkah kami, mungkin dua gadis cantik berkerudung ini adalah pemandangan aneh bagi mereka, di tempat yang seharusnya nggak ada kami di dalamnya.

Sok-sokan speak-speak English sama indah, tujuannya sih biar mereka nggak begitu “ngeh” kita ngobrolin apaan.  Dan finally, kita bertemu dengan sekumpulan anak jalanan yang lagi nongkrong, hisap rokok, bercanda dan segala macamnyaa.

Nggak ada yang berani memulai pembicaraan, Dua gadis versus segerombolan lelaki dengan berbagai umur.

Bisa dibayangkan betapa…betapa…betapa… mengerikan

Jurus pertama yang dilakukan adalah berbagi makanan. Saat itu, jajanan gorengan pinggir jalan menjadi penyelamat untuk membuka obrolan ringan dengan mereka. Lama, hampir 2 jam kami mengobrol.

Mendengarkan mereka bercerita tentang kehidupannya, sungguh rasanya ingin terus mendengarkan! Amazing, ada yang bercerita tentang keluarga, mereka dipukuli orang tuanya dan lebih memilih bersenang-senang hidup di jalanan, ada juga yang ingin melanjutkan sekolah tapi finansial keluarga nggak mendukung, ada yang terpaksa bekerja di jalanan karena musti hidupi adik-adiknya, ah segala macem cara mereka untuk bertahan hidup.

               Invisible path! Suatu kejadian yang Tuhan telah rencanakan dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dengan cara-Nya, tetiba ada kabar di social media jika telah terjadi razia ratusan anak jalanan. Dan mungkin kalau nggak karena kata nekat lagi, kami nggak pernah melakukan ini!

Menuju kantor Disnakersostrans Bogor, bercerita panjang lebar tentang Rumah Merah Putih dan meminta data anak-anak yang terjaring razia!

Yes, I found it!  Data bertuliskan nama, umur, pekerjaan dan alamat mereka sudah kami dapat. So, langsung meluncur ke lokasi rumah mereka, bercerita dan meminta ijin dengan pak RT, memulai kegiatan belajar dengan silabus yang dibuat seadanya. Tanpa dana, kegiatan Rumah Merah Putih bisa berjalan😀

               Hingga pada akhirnya kami membuka Recruitment Volunteer, mengadakan acara yang cukup besar (Jalanan Berbagi 2013),

                 Ikut ke expo-expo komunitas, mulai dikenal di berbagai kalangan, dari yang awalnya dulu kami cari-cari ilmu berguru ke komunitas lain hingga sekarang banyak komunitas lain yang ingin share ilmu dengan kami,

 Hingga juga komunitas Rumah Merah Putih menjadi komunitas sang juara di sanggar juara festival, Hingga sekarang Rumah merah putih sudah diliput di berbagai media, Hingga sekarang Rumah merah putih sudah membentuk kepengurusan tahun pertama dengan semangat kakak volunteer yang super-super bikin bangga,

         Lalu Rumah Merah Putih akan membentuk cabang di berbagai kota, lalu nantinya Visi misi Rumah Merah Putih  ikut mengentaskan membantu pendidikan anak jalanan sesuai minat bakat  merekapun tercapai sempurna. Ahhhhh….  so closer 🙂

Ah, Mimpi itu tidak bayar kok, bermimpilah dan bermain dengan mimpi-mimpimu. Pastikan kamu bermimpi karena sebuah alasan yang bisa kamu banggakan di kemudian hari.

Long last Rumah Merah Putih! Follow @Rumahmerahputih on twitter, for more info🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s