Cute Boy, You!

Oke, kali ini aku mau cerita sedikit tentang salah satu murid. Dia berusia 5 tahun, dulunya dia adalah muridku di labschool pendidikan karakter. Eh sekarang ketemu lagi dalam suasana dan tujuan yang berbeda. Anak ini sangat cerdas ditambah dengan selentingan jika anak berusia 4 hingga 6 tahun keinginan mencari taunya itu banyak banget, jadi kecerdasan dia pun semakin tampak. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan saat kegiatan belajar dimulai :

Bagaimana bumi berputar? Allah itu darimana? Mengapa ada laki2 dan perempuan ? ‪#‎anak5tahun

Mendengar semua pertanyaan itu, aku tersenyum mencoba menjawab semuanya dengan satu kalimat

“Semua itu ada karena Allah dan Allah ada di hati kita”

Tentang bumi, aku jelasin dengan memberikan dia pengetahuan nama-nama planet.

Lalu pertanyaan dia menjadi beranakpinak seperti ini:

“kalau planet jupiter yang naekin siapa miss ? Om iwan ya miss ? Kemarin om iwan maen ke rumah naek jupiter ‪ #‎anak5ahun‬

hahaha, aku tertawa kecil. itu bukan planet sayang, kalau jupiternya om iwan itu nama motor, kalau planet adanya di angkasa, nggak ada yang naekin tapi ada yang ngatur, ALLAH.

“Tolong miss, gambarin planet. aku mau lihat jupiter” Dia mengucapkan itu disela-sela belajar

Jelasin planet sambil gambar, pas gambar bumi dia protes

“kok kecil gambarnya, bumi kan luas, kalau gambarnya segini rumah aku dimana? “‪#‎anak5thn‬

Hening, kemudian dia mengambil pensil dan menggambar di dinding kamarnya bulatan besar.

“Miss, nih aku gambarin bumi yang gedeeee banget”

“No, it’s not good! Apakah udah ijin untuk menggambar di dinding kamar ke mama atau mbak ika (nama babysitter nya)? kalau belum, silahkan ijin dulu ya. jika diperbolehkan silahkan menggambar, jika belum dibolehin gambarnya di buku gambar saja.

“buku gambar kan kecil miss, gambar bumi tidak cukup”

*Big Huge, You are so cute boy”*

Hari ini kita belajar bahasa inggris nama binatang ya? are you ready? kataku dengan penuh semangat

Suatu pertanyaan yang membuat aku harus mengelus dada lagi, menelan ludah, dan pura-pura mengembangkan senyum.

Allah itu baik ya? Kok nggak boleh sih makan daging babi? Kenapa? Babi kan kayak chicken, chicken boleh dimakan” #anak5thun

“Ada binatang yang nggak boleh dimakan kita sebagai umat muslim, salah satunya babi. itu haram” jawabku dengan sangat bijak dan berharap dia tidak bertanya macam-macam lagi

Dan… tadaaa… dia bertanya lagi

” Haram itu apa? kenapa babi? hewan lain apa? Deer boleh dimakan nggak? Kalau Horse?”

Ingin sekali aku menjawab “Haram itu yang dilarang Allah, selain babi ada hewan ampibi yang nggak boleh dimakan juga”  tapi aku segera mengurungkan niat menjawab pertanyaan itu dengan jawaban yang sudah hampir saja keluar dari mulut.

“kalau mau tau jawabannya, minggu depan latihan menulisnya di kerjakan ya, nanti miss kasih tau jawabannya, oke?”

kami berdua beradu dalam keheningan, menebak-nebak apa yang dia sedang pikirkan, Menunggu sabar apa yang akan keluar dari mulut mungilnya itu

“oke miss, sekalian minggu depan aku tanya ya tikus itu terbuat dari apa?”

“Braaaakkk! sepertinya tidak hanya dia yang mengerjakan latihan, aku pun harus cari referensi akurat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan cerdasnya itu.

“Oke, tapi janji ya latihannya dikerjakan”

Dia mengacungkan jari kelingkingnya, mengajak jari kelingkingku berpagut di kelingking kecilnya, mengisyaratkan sebuah perjanjian untuk mengerjakan tugas masing-masing.

okeey, see you next week my little brother, my cute boy🙂

Leave a Reply

