Perjalanan mata hati, Gursachild…

               Entah bagaimana awal mula nama itu menjadi nama yang tidak awam lagi di dengar oleh warga magenta 45 ( sebutan untuk teknik mesin dan biosistem 2008). Gursa adalah nama kebangsaan dan kebanggaan teknik mesin dan biosistem, entah apa artinya, yang jelas kata “Gursa” merupakan satu-satunya kata di seantero Institut Pertanian Bogor yang mencirikan betapa strength nya Teknik mesin dan biosistem itu, kata sacral dari tetua2 yang selalu menjadi penyemangat saat kita mengalami sindrom down . sedangkan Child  adalah anak. So,  what’s your opinion about “ Gursachild”?  

            Intinya, Gursachild adalah nama beken untuk kegiatan sosial yang dirilis oleh magenta 45. Salah satu kegiatan gursachild yang sudah berjalan adalah  concern  ke panti asuhan. Kegiatannya meliputi kunjungan adik-adik panti asuhan tarbiyatul yatama, buka bareng saat bulan romadhon, iftor, Do’a bersama, dan pengumpulan buku2 untuk panti asuhan, baju2 layak pakai serta sembako.

            Di perjalanan kali ini, posisi aku adalah sebagai salah satu  tokoh penyemangat kokohnya nama gursachild agar kegiatan-kegiatan yang di launchingkan terus berkibar.  Meng-arrange event bareng teman2 lainnya, meng-create acara demi acara dan ikut menjadi bagian orang-orang hebat yang akan membantu menyuarakan impian adik2 di panti asuhan🙂.

            Tarbiyatul yatama dan panti asuhan kosgoro merupakan dua tempat yang sering gursachild  kunjugi untuk saling berbagi tawa. Letak kedua tempat tersebut cukup dekat dengan kampus, naek angkot sekali pun sudah sampai tujuan. Adik-adik terbiyatul yatama berjumlah 50 anak sedangkan dipanti kosgoro hanya berjumlah 25 anak dengan kombinasi jumlah akhwat dan ikhwan di kedua panti tersebut sebanding.

            Rasa diam terselip saat harus berbagi tawa dengan mereka, bukan karena canggung untuk menyapanya namun karena perih di hati ini tak sanggup diucapkan dengan kata-kata. Perih merasakan apa yang harus mereka rasakan diusianya yang masih belia, diusianya yang seharusnya masih hangat kasih sayang orang tua. Ketegaran kalian membuat aku semakin dewasa🙂.

             Salam yang diajarkan oleh pak ustad atau pembimbing di kedua panti tersebut sungguh hebat. kedatangan aku dan teman2 di panti pun disambut dengan tawa ikhlas kemudian disusul satu per satu anak mencium tangan kami, meski terkadang raut muka malu-malu tampak jelas tersirat di pipi beberapa anak bangsa tersebut. Ah, rasanya kantung mata sudah tidak cukup menahan air mata untuk tak jatuh lebih dalam lagi rasanya tak sanggup tangan ini untuk tak jujur memeluk mereka, mendekap pelan setiap hembusan nafasnya, merangkulnya layaknya tak mau kehilanagn mereka dan memegang tangannya erat untuk terus bersama-sama mengurai tawa ikhlas.

      mungkin, aku akan bercerita sedikit tentang salah satu kegiatan yang pernah Gursachild adakan yaitu doa bersama menjelang UAS Magenta serta Ujian Nasionall adik-adik panti tarbiyatul yatama. serangkaian acara di susun dengan banyak pertimbang dan ide dari crew gursachild. acara berlangsung meriah, tak terlihat sedikitpun rasa sedih, kesal dan marah dari raut muka polos adek2 tercinta. acara yang paling seru dalam serangkaian kegiatan tersebut adalah write your dreams. Di session ini, adik-adik di “paksa” untuk menuliskan cita-cita mereka di selembar kertas dengan games2 unik yang telah disediakan panitia. cita2 mereka sangaaaat tinggi, ada yang ingin menjadi dokter, guru, pemain sepak bola, dan polisi. mereka menuliskan cita-cita mereka dan apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai cita-cita tersebut.yaaa, it’s do amazing session. Antusias adek2 untuk berangan dan bermimpi adalah hak dan kewajiban mereka sebagai anak bangsa untuk layak mewujudkan mimpi besar dalam hidup mereka 🙂

Image

Image

Image

Image

Image

Image

 

 run down the event🙂

Waktu

Deskripsi Acara

16.00-16.10

Pembukaan acara

16.10 – 16.25

Doa pembukaan + tilawah

16.25- 16.40

Sambutan

16.40 – 18.00

Pentas seni dan games

Angklung                                                     (10 menit + nyanyi )

Puisi                                                           ( 10 menit + gitar )

Nyanyi “Kita +Jangan Menyerah “                   ( 10 menit )

Tari Balon anak2 +Music                             ( 10 menit )

Games                                                       ( 25 menit )

Persiapan magrib

18.00- 19.00

Sholat magrib berjamaah, makan malam bersama, sosialisasi cuci tangan

19.00 – 19.35

Motivasi (Write Your dream, games motivasi )

Motivasi ( 15 menit )

Write your idea and motivation games ( 20 menit)

19.35 – 20.15

Doa bersama dan refleksi diri

20-15

Pemberian kenang-kenangan dan pamitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s